Kamis, 20 September 2018

Keterampilan Mengajar Orang Tua Kepada Anak-Anak


Anda adalah guru pertama dan terpenting anak Anda. Setiap hari Anda membantu anak Anda mempelajari informasi, keterampilan, dan cara berperilaku baru.

Mengajarkan keterampilan kepada anak-anak dapat menjadi langkah pertama yang penting dalam mengelola perilaku mereka. Misalnya, jika anak Anda tidak tahu cara mengatur meja, dia mungkin menolak melakukannya - karena dia tidak dapat melakukannya. Solusinya? Mengajarnya bagaimana.

Ada tiga cara utama Anda dapat membantu anak-anak mempelajari segala sesuatu mulai dari perawatan diri dasar hingga keterampilan sosial yang lebih rumit:

instruksi
pemodelan
selangkah demi selangkah.
Ingat bahwa keterampilan membutuhkan waktu untuk berkembang, dan berlatih itu penting. Tetapi jika Anda memiliki kekhawatiran tentang perilaku, pengembangan, atau kemampuan anak Anda untuk mempelajari keterampilan baru, lihat dokter umum atau perawat kesehatan anak dan keluarga Anda.

Ketika Anda mengajarkan keterampilan kepada anak Anda, Anda mungkin akan menggunakan lebih dari satu metode dalam satu waktu. Misalnya, anak Anda mungkin akan lebih mudah memahami instruksi jika Anda juga memecah keterampilan atau tugas menjadi beberapa langkah. Demikian juga, pemodelan mungkin bekerja lebih baik jika Anda memberikan instruksi pada saat yang bersamaan.
Instruksi: mengajarkan keterampilan dengan memberi tahu
Ini hanya mengajar anak Anda bagaimana melakukan sesuatu dengan menjelaskan apa yang harus dilakukan atau bagaimana melakukannya. Anda mungkin memberikan instruksi dan penjelasan kepada anak Anda sepanjang waktu.

Bagaimana memberi instruksi yang baik

Berikan instruksi hanya ketika Anda memiliki perhatian anak Anda. Gunakan nama anak Anda dan dorong anak Anda untuk melihat Anda saat Anda berbicara.
Turun ke tingkat fisik anak Anda untuk berbicara.
Hapus semua gangguan latar belakang seperti TV.
Gunakan bahasa yang dimengerti anak Anda. Jaga kalimat Anda singkat dan sederhana.
Gunakan suara yang jelas dan tenang.
Gunakan isyarat untuk menekankan hal-hal yang Anda ingin anak Anda perhatikan.
Secara bertahap menghapus instruksi dan pengingat Anda sebagai anak Anda lebih baik dalam mengingat bagaimana melakukan tugas.
Poster atau ilustrasi dapat membantu anak Anda menggambarkan instruksi yang Anda berikan. Anak Anda dapat memeriksa poster itu sendiri ketika dia sudah siap untuk mengerjakan instruksi secara mandiri. Poster juga dapat membantu anak-anak yang kesulitan memahami kata-kata.

Terkadang anak Anda tidak akan mengikuti instruksi. Ini bisa terjadi karena banyak alasan. Anak Anda mungkin tidak mengerti. Dia mungkin tidak memiliki keterampilan untuk melakukan apa yang Anda minta setiap waktu. Atau dia mungkin tidak ingin melakukan apa yang Anda minta. Anda dapat membantu anak Anda belajar bekerja sama dengan menyeimbangkan instruksi dan permintaan.
Guru privat: keterampilan mengajar dengan menunjukkan
Dengan memperhatikan Anda, anak Anda belajar apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Ketika ini terjadi, Anda 'pemodelan'.

Pemodelan guru biasanya merupakan cara paling efisien untuk mengajari anak-anak keterampilan baru. Misalnya, Anda lebih cenderung untuk menunjukkan daripada memberi tahu anak Anda cara membuat tempat tidur, menyapu lantai atau melempar bola.

Anda juga dapat menggunakan pemodelan untuk menunjukkan keterampilan dan perilaku anak Anda yang melibatkan komunikasi non-verbal, seperti bahasa tubuh dan nada suara. Misalnya, Anda dapat menunjukkan bagaimana Anda menghadap orang ketika Anda berbicara dengan mereka, atau melihat mereka di mata dan tersenyum ketika Anda berterima kasih kepada mereka.

Pemodelan juga dapat berfungsi untuk keterampilan sosial. Mendorong anak Anda dengan frasa seperti ‘Terima kasih, Mum’, atau ‘Lainnya, Ayah’ adalah contoh dari ini.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Aforanisa Aforanisa
Maira Gall